Pemberdayaan Anak-Anak Di Desa Jambe Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu

Authors

  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ahmad Khotibul Umam Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Rodotul Janah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.58355/dpl.v1i1.9

Keywords:

Pemberdayaan, Al-Quran, DTA Hidayatut Tholibin, Desa Jambe

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji Pemberdayaan Anak-Anak di Desa Jambe Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu dan memaparkan upaya sekolah dalam meningkatkan membaca Al-Quran serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat baca Al-Quran pada siswa. Membaca dan menghafal Al-Quran merupakan salah satu konsep untuk menciptakan generasi anak yag beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. Dalam pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan metode kualitatif, dimana dikumpulkan melalui hasil wawancara, hasil pretest dan postest serta adanya dokumentasi yang menghasilkan bahwa dengan adanya kegiatan pemberdayaan ini, anak-anak sangat antusias dan senang serta orang tua mendukung dengan adanya kegiatan mengajar di DTA Hidayatut Tholibin ini yang sangat berdampak positif sehingga meningkatkan rasa semangat bagi anak-anak dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Hannah, & Didik Himmawan. (2023). Upaya Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Dengan Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Anak-Anak Di Desa Pranggong Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 15–22. Retrieved from http://quality.pdfaii.or.id/index.php/i/article/view/10

Herdiansyah, H. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa. Al-Idrak Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya, 1(1), 91-105.

Rahmadina, F. S., Khairunnisa, F. A., & Firmiana, M. E. (2021). Bentuk dukungan orang tua pada anak usia dini (Aud) selama belajar dari rumah (Bdr). Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 18-25.

Maisyanah, M., Syafa'ah, N., & Fatmawati, S. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik. AT-TA'DIB JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 15-30.

Maulida Khofifah Azzaen, Didik Himmawan, Ibnu Rusydi, & Indra Sudrajat. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN YATIM PIATU DI DESA PANYINDANGAN KULON KECAMATAN SINDANG KABUPATEN INDRAMAYU. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 25–30. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.38

Nova Ardiana, & Didik Himmawan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media Smart Spinner Di SDN 1 Kedokanbunder. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 8–14. Retrieved from http://quality.pdfaii.or.id/index.php/i/article/view/11

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).

Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135-143.

Syahdinur, M. R., & Alfarisi, U. (2021, October). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Quran. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Noor, M. (2011). Pemberdayaan masyarakat. CIVIS Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2).

Saeful, A. (2020). Konsep Pemberdayaan Masyarakat Dalam Islam. Syar'ie Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 3(3), 1-17.

Sany, U. P. (2019). Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Al Qur’an. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 32-44.

Juanda, A. M. (2021). Strategi Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Melalui Pemberdayaan Penyuluh Agama Islam Di Kabupaten Sukabumi. Journal Justiciabellen, 1(1), 26-28.

Nurhudayana, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak peserta didik di SMPNegeri 3 Lembang Kabupaten Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Mahmudah, N. (2018). Pemberdayaan Pada Anak-Anak Gang Dolly Di Sma Artantika Surabaya Dengan Metode Asset Based Community Development. Madani Jurnal Pengabdian Ilmiah, 1(1), 17-29.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Didik Himmawan, Ahmad Khotibul Umam, & Rodotul Janah. (2023). Pemberdayaan Anak-Anak Di Desa Jambe Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Diplomasi : Jurnal Demokrasi, Pemerintahan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.58355/dpl.v1i1.9

Issue

Section

Articles