Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pemahaman Baca Al Quran Di Desa Gunungsari Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.58355/dpl.v1i1.11Keywords:
Pemahaman Membaca, Al-Quran, Musholla Al-Ikhlas, Desa GunungsariAbstract
Pemberdayaan masyarakat di desa Gunungsari Kecamatan Sukagumiwang melalui program Meningkatan pemahaman baca Al-Qur`an adalah bentuk pembinaan masyarakat untuk meningkatkan minat baca Al-Qur’an di masyarakat. Melalu observasi didapatkan bahwa pada desa Gunungsari tepatnya di musollah al-ikhlas , didapati anak-anak yang belum dapat membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam membantu memecahkan masalah sosial tersebut, maka dirasa perlu memberikan pelatihan dalam bidang Al-Qur`an. Pemberdayaan masyarakat di pengajar Al-Qur`an telah melahirkan perubahan perilaku positif pada penerima manfaatnya dan berimplikasi pada meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur`an bagi warga desa GunungSari tepatnya di musollah al-ikhlas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan pemahaman membaca al quran terhadap tajwid khususnya pada masalah dalam membacanya.penelitian ini adalah banyak anak anak yang masih banyak yang kurang paham dalam membaca al quran dengan tajwid yang benar.permasalahan diatas juga menjadi perkara yang patut diperhitungkan dalam pembinaan/Pendidikan di musolah al Ikhlas.hal ini sudah menjadi tanggung jawab penulis sebagai mahasiswa Pendidikan agama islam untuk membantu mereka yang masih belum mampu meraih kompetensi yang harus dimiliki seorang anak khususnya di bidang keagamaan yaitu baca tulis Al-Quran.
Downloads
References
Hannah, & Didik Himmawan. (2023). Upaya Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Dengan Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Anak-Anak Di Desa Pranggong Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 15–22. Retrieved from http://quality.pdfaii.or.id/index.php/i/article/view/10
Maulida Khofifah Azzaen, Didik Himmawan, Ibnu Rusydi, & Indra Sudrajat. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN YATIM PIATU DI DESA PANYINDANGAN KULON KECAMATAN SINDANG KABUPATEN INDRAMAYU. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 25–30. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.38
Nova Ardiana, & Didik Himmawan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media Smart Spinner Di SDN 1 Kedokanbunder. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 8–14. Retrieved from http://quality.pdfaii.or.id/index.php/i/article/view/11
Journal website : website: jurnal.faiunwir.ac.id.
Laporan program pendukung kerja kknt.
https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/articele/view/654.
https://e-proceedings.iain.palangkaraya.ac.id/index.ohp/Sn
Dharma Agus, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Pendidikan Network
Exsa, 2009 Perbandingan Manajemen Berbasis Sekolah Dengan Manajemen Berbasis Madrasah
Fattanh, Nanang, 2000, Manajemen berbasis Sekolah, Bandung; Andira.
Sagala Syaiful, 2010, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan,
An-Nahlawi, A. M. (2010). Pendidikan Agama Islam: Prinsip, Metode, dan Strategi. Jakarta: Kalam (M, 2010)
(Ibrahim, 2015) Metode pengajaran Bahasa arab. Terjemahan dan penelitian Yogyakarta: Laksabang PRESSindo.
(islam, 2016) Tim Penyusun Kurikulum Pendidikan Agama Islam.
Huda, N. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Nasution, S. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Masykuri, M. (2019). Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Nana Sudjana. (2008). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Fatimah, S. (2017). Membangun Karakter Mulia pada Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad, F. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Agama Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diplomasi : Jurnal Politik, Demokrasi dan Pemerintahan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.